Jurnal Psikoedukasia
Vol. 1 No. 3 (2024): Psikoedukasia

Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok Melalui teknik Problem Based Learning terhadap Ketergantungan Media Sosial pada Siswa

andin, nandini (Unknown)
Rakhmawati, Dini (Unknown)
Widiharto, Chr.Argo (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 Nov 2025

Abstract

Abstrak. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengaruh Bimbingan Kelompok dengan teknik Problem based Learning terhadap perilaku ketergantungan media sosial pada siswa SMA Islam Sultan Agung 1 Semarang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan jenis metode eksperimen yang digunakan yaitu pre- experimental design one- group pretest- postest design. Populasi pada penelitian ini berjumlah 130 siswa kelas XI dan Sampel dari penelitian ini adalah siswa kelas XI.5 yang berjumlah 24 siswa dibagi menjadi kelompok kontrol dan kelompok eksperimen dengan menggunakan Teknik random sampling. Berdasrkan uji hipotesis, diperoleh hasil sigifikasi (2-tailed) sebesar 0,006. Maka hasil nilai signifikansi (2-tailed) < 0,05 atau 0,006 < 0,05. Jadi terdapat perbedaan yang signifikan antara pretest dan posttest. Hal ini menunjukan bahwa terdapat teknik problem based learning dapat bepengaruh untuk menurunkan ketergantungan medsos pada siswa kelas XI di SMA Islam Sultan Agung 1 Semarang. Kata kunci: Bimbingan Kelompok, Ketergantungan Medsos, Problem Based Learning

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

pedu

Publisher

Subject

Education

Description

JOURNAL OF PSIKOEDUKASIA is a scientific journal of ideas and research results in the field of Guidance and Counseling, published by the Guidance and Counseling Study Program, Faculty of Education, Universitas PGRI Semarang. The purpose of this journal publication is to disseminate research results ...