Jurnal Psikoedukasia
Vol. 3 No. 1 (2025): Psikoedukasia

HUBUNGAN ANTARA KONSEP DIRI DENGAN PERILAKU MENYONTEK SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 WELERI

Alfariza Gilang Ramadhan (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 Nov 2025

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi hubungan antara konsep diri dan perilaku menyontek siswa kelas VII di SMP Negeri 1 Weleri. Peneletian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif. Metode penelitian ex post facto dengan pendekatan korelasional. Populasi penelitian mencakup seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 1 Weleri. Yang digunakan sebagai try out yaitu kelas VII H. Sedangkan kelas VII A, VII B, VII C, VII D, VII E, VII F, VII G sebagai sampel penelitian. Sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik sampling jenuh, sehingga seluruh populasi sejumlah 215 siswa dijadikan sampel. Hasil uji koefesien determinasi (R2) sebesar 0,284. Nilai tersebut artinya 28,4% perubahan variabel perilaku menyontek (Y) dapat diterangkan oleh konsep diri (X), sedangkan 72,6% dijelaskan oleh variabel yang lain. Berdasarkan uji linieritas antara konsep diri dan perilaku menyontek diperoleh signifikansi yaitu sebesar 0,770. Dengan nilai sig.deviation from linierity > 0,05, dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang linier antara konsep diri dengan perilaku menyontek.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

pedu

Publisher

Subject

Education

Description

JOURNAL OF PSIKOEDUKASIA is a scientific journal of ideas and research results in the field of Guidance and Counseling, published by the Guidance and Counseling Study Program, Faculty of Education, Universitas PGRI Semarang. The purpose of this journal publication is to disseminate research results ...