Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar peserta didik pada materi menyambut usia baligh kelas IV SD 12 Labuan dengan penerapan problem based learning. Metodologi penelitian ini dilaksanakan dengan dua siklus. Instrumen dalam pengumpulan data yang digunakan yaitu, Observasi, Tes Hasil Belajar, wawancara, Lembar Kerja Siswa, Refleksi Diri dan Dokumentasi. Pembelajaran Pembelajaran berbasis masalah (problembased learning) adalah sebuah model pembelajaran yang memanfaatkan masalah yang nyata, dengan tujuan mempersiapkan dan membiasakan siswa menghadapi masalah yang akan dihadapi dalam kehidupannya. Hasil penelitian peningkatan hasil belajar menyambut usia baligh melalui model pembelajaran problem based learning pada siswa kelas IV SDN12 Labuan diperoleh bahwa pelaksanaan tindakan siklus I dan Siklus II dapat meningkatkan hasil pembelajaran siswa siswa kelas IV SDN 12 Labuan. Peningkatan tersebut terlihat dari nilai persentase kentuntasan siklus I yaitu 50 %. Sedangkan siklus II Persentase ketuntasanyaitu 87,5%. Dengan demikian penerapan model problem based learning dianggap berhasil dalam meningkatkan hasil belajar siswa dalam materi menyambut usia baligh karena telah mencapai indikator keberhasilan yang telah ditetapkan.
Copyrights © 2025