Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi hambatan dan solusi dalam pembelajaran menulis kreatif di SD Muhammadiyah 1 Banjarnegara. Penelitian ini menggunakan desain penelitian kualitatif deskriptif dengan pengumpulan data melalui observasi partisipatif, wawancara mendalam dengan guru dan siswa, serta dokumentasi. Pada penelitian iniĀ metode analisis data menggunakan metode interaktif dari Miles dan Huberman dan diuji keabsahan data menggunakan teknik triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran menulis kreatif memberikan manfaat signifikan dalam mengembangkan keterampilan menulis siswa, namun terdapat beberapa hambatan. Hambatan tersebut meliputi variasi kemampuan siswa dalam mencapai tujuan pembelajaran, tantangan peran guru terkait kualifikasi dan beban kerja, kesulitan siswa dalam menemukan ide dan menyusun tulisan, keterbatasan materi ajar nonfiksi yang kurang menarik, metode pembelajaran yang masih konvensional, dominasi media pembelajaran konvensional, serta evaluasi pembelajaran yang berfokus pada produk dan aspek kognitif. Untuk mengatasi hambatan ini, penelitian menawarkan solusi berupa peningkatan kualifikasi dan dukungan guru, penggunaan teknik variatif dalam pembelajaran, penambahan materi nonfiksi yang menarik, integrasi teknologi dalam metode dan media pembelajaran, serta penerapan teknik evaluasi yang lebih beragam dan sistematis. Penelitian ini memiliki potensi besar dalam meningkatkan keterampilan menulis siswa, namun perlu adanya perbaikan dan inovasi dalam berbagai komponen pembelajaran agar program dapat berjalan lebih efektif dan dapat menjadi contoh bagi sekolah lain.
Copyrights © 2025