Disastra: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Vol 2, No 1 (2020): JANUARI

Kajian Moral Naskah Babad Dermayu Melalui Pendekatan Hermeneutik dan Implementasinya Sebagai Bahan Ajar Cerpen Berbasis Kearifan Lokal di Kelas XI SMA

Krisnalianita, Krisnalianita (Unknown)
Khuzaemah, Emah (Unknown)
Nuryanto, Tato (Unknown)



Article Info

Publish Date
24 Apr 2024

Abstract

Moral karya sastra adalah makna yang tekandung dalam cerita yang ditunjukkan untuk pembaca. Penelitian yang ini bertujuan untuk mendeskripsikan wujud nilai-nilai moral yang terdapat dalam naskah Babad Dermayu, serta mendeskripsikan implementasi nakah Babad Dermayu sebagai bahan ajar cerpen di kelas XI SMA  Metode yang digunakan dalam pengumpulan data yaitu metode analisis naratif dengan teknik studi dokumentasi dan angket dan metode yang digunakan dalam menganalisis data adalah analisis konten dengan teknik deskriptif kualitatif. Wujud nilai moral yang terdapat dalam Naskah Babad Dermayu terbagi tiga jenis, (1) hubungan manusia dengan Tuhan yang berwujud keimanan dan akhlak kepada Tuhan, (2) hubungan manusia dengan diri sendiri yang berwujud sifat jujur, bekerja keras, sabar, baik hati, pemberani, rasa hormat, dan percaya diri,(3) hubungan manusia dengan manusia lain dalam lingkup sosial berwujud kekeluargaan, persahabatan dan menghormati orang lain. Implementasi Naskah Babad Dermayu sebagai bahan ajar cerpen untuk kelas XI SMA dilakukan dengan cara membuat bahan ajar yang berbentuk

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

disastra

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Disastra: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia concerns about theoretical studies or research on Indonesian literature, linguistics, Indonesian Language Learning and Teaching, literacy, and BIPA (Bahasa Indonesian bagi Penutur Asing) or Teaching Indonesian to Speakers of Other Languages. ...