Persaingan yang ketat dalam industri perhotelan saat ini menuntut untuk adanya peningkatan dalam kualitas pelayanan untuk mencapai kepuasan tamu. Peran Front Desk Agent dalam hal ini sangat penting karena berinteraksi langsung dengan tamu baik sebelum kedatangan tamu sampai keberangkatan tamu. Oleh sebab itu, dalam menjalankan operasionalnya memerlukan adanya Standar Operasional Prosedur (SOP) untuk memberikan pelayanan yang konsisten dan berkualitas tinggi bagi tamu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penerapan dan kendala dalam penerapan Standar Operasional Prosedur (SOP) Front Desk Agent dalam meningkatkan pelayanan di Hotel Baron Indah. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan metode pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dokumentasi dan studi pustaka. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan Standar Operasional Prosedur (SOP) Front Desk Agent di Hotel Baron Indah sudah cukup baik dan efektif dalam meningkatkan pelayanan, meskipun demikian masih ada kendala teknis dan kebutuhan untuk mengembangkan Standar Operasional Prosedur (SOP) itu sendiri khususnya pada perlindungan tenaga kerja untuk situasi tak terduga. Dengan demikian, pihak manajemen Hotel Baron Indah disarankan untuk lebih meningkatkan pembaharuan dan pelatihan Standar Operasional Prosedur (SOP) secara berkala agar pelayanan lebih konsisten dan siap untuk menghadapi situasi tak terduga.
Copyrights © 2025