TELPAR
Vol 3 No 2 (2025): JURNAL PERHOTELAN DAN PARIWISATA (TELPAR)

EFEKTIVITAS PENERAPAN STANDAR OPERASIONAL PROSEDUR (SOP) FRONT DESK AGENT DALAM MENINGKATKAN PELAYANAN DI HOTEL BARON INDAH

Septiawati, Pegi (Unknown)
Solikhin, Agus (Unknown)
Akiriningsih, Titik (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Mar 2025

Abstract

Persaingan yang ketat dalam industri perhotelan saat ini menuntut untuk adanya peningkatan dalam kualitas pelayanan untuk mencapai kepuasan tamu. Peran Front Desk Agent  dalam hal ini sangat penting karena berinteraksi langsung dengan tamu baik sebelum kedatangan tamu sampai keberangkatan tamu. Oleh sebab itu, dalam menjalankan operasionalnya memerlukan adanya Standar Operasional Prosedur (SOP) untuk memberikan pelayanan yang konsisten dan berkualitas tinggi bagi tamu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penerapan dan kendala dalam penerapan Standar Operasional Prosedur (SOP) Front Desk Agent  dalam meningkatkan pelayanan di Hotel Baron Indah. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan metode pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dokumentasi dan studi pustaka. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan Standar Operasional Prosedur (SOP) Front Desk Agent  di Hotel Baron Indah sudah cukup baik dan efektif dalam meningkatkan pelayanan, meskipun demikian masih ada kendala teknis dan kebutuhan untuk mengembangkan Standar Operasional Prosedur (SOP) itu sendiri khususnya pada perlindungan tenaga kerja untuk situasi tak terduga. Dengan demikian, pihak manajemen Hotel Baron Indah disarankan untuk lebih meningkatkan pembaharuan dan pelatihan Standar Operasional Prosedur (SOP) secara berkala agar pelayanan lebih konsisten dan siap untuk menghadapi situasi tak terduga.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

telpar

Publisher

Subject

Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Computer Science & IT Dentistry Health Professions Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Hotel Service And Management, Hotel Operations, Food and Beverage Product, Food and Beverage Service, Hotel Accommodation, Business Management & Operation, Tourism Destinations and Infrastructure, Sustainable Tourism Ecotourism Border Tourism, Travel Patterns, Tourism Marketing, Tourists Behavior, ...