Journal of Innovation in Education and Learning
Vol. 1 No. 3 (2025): OCTOBER 2025

Digital Transformation in Education: A Literature Review on Psychological Aspects of Learning and Pedagogical Innovations

Prayogi, Arditya (Unknown)
Nasrullah, Riki (Unknown)
Wahyudi, Novianto Ade (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Oct 2025

Abstract

Kemajuan teknologi digital yang pesat telah mengubah pendidikan serta menggeser paradigma dari metode tradisional ke pendekatan adaptif berbasis teknologi. Kajian pustaka ini mengeksplorasi bagaimana era digital membentuk pendidikan, dengan fokus pada psikologi pembelajaran, yang mencakup aspek seperti motivasi, perhatian, retensi, kelelahan digital, dan keseimbangan antara teknologi serta interaksi manusia. Tujuannya adalah memberikan gambaran komprehensif tentang dampak transformasi digital, termasuk inovasi pedagogis seperti personalisasi AI, simulasi AR/VR, dan gamifikasi, sembari mengatasi tantangan seperti kesenjangan digital dan kecemasan teknologi. Menggunakan metode deskriptif kualitatif, data dikumpulkan dari jurnal akademik dan artikel melalui basis data seperti Google Scholar dan DOAJ. Temuan utama menunjukkan bahwa alat digital meningkatkan aksesibilitas dan keterlibatan, tetapi memerlukan infrastruktur yang merata dan pelatihan guru untuk mengurangi ketidaksetaraan. Artikel ini menekankan pendekatan berpusat manusia untuk memastikan kesejahteraan psikologis dan kemajuan pendidikan berkelanjutan. Kajian ini menyarankan untuk melakukan strategi yang memanfaatkan potensi teknologi untuk mendorong pembelajaran inklusif, serta mendorong refleksi atas integrasi digital yang bijak bagi generasi mendatang.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jinea

Publisher

Subject

Computer Science & IT Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

JINEA: Journal of Innovation in Education and Learning is a scientific journal published by CV. Ihsan Cahaya Pustaka, featuring publications of research results, theoretical studies, and innovations in the field of education and learning. This journal is open to educators, lecturers, researchers, ...