Ite Ngabdi
Vol. 1 No. 1 (2025): ITE NGABDI

Pelatihan Pembelajaran Inkuiri Melalui Google Meet dan Quizizz terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X

Rahmi (Unknown)
Desvita Lestari (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2025

Abstract

Abstrak. Pengabdian ini bertujuan untuk memberikan pelatihan pembelajaran inkuiri melalui Google Meet dan Quizizz terhadap hasil belajar siswa kelas X di MA USB FILIAL MAN BATAM pada materi Plantae. Metode pengabdian yang digunakan adalah pre-eksperimen  dengan sampel adalah kelas X IPA 1 MA USB FILIAL MAN BATAM. Metode pengabdian kuantitatif digunakan untuk sampel tertentu, pengumpulan data menggunakan instrument, analisis data bersifat kuantitatif/statistic, dengan tujuan untuk menguji hipotesis yang telah di tetapkan. Adapun desain pengabdian yang digunakan adalah One Group Pretest-Posttest. Berdasarkan hasil pengabdian dapat diambil kesimpulan bahwa pelatihan memberikan pengaruh pembelajaran inkuiri melalui Google Meet dan Quizizz terhadap hasil belajar pada materi plantae dapat dilihat dari hasil analisis data yang berupa skor pretest dan posttest. Perbedaan skor rata-rata pretest yaitu 71,35 dan nilai posttest yaitu 91,14. Data yang terkumpul kemudian dianalisis dengan menggunakan uji Paired t-test. Hasil dari uji tersebut yaitu nilai sig. (2-tailed) yaitu 0,000 < 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa H0 di tolak dan Ha diterima yang artinya pelatihan terdapat pengaruh antara pembelajaran inkuiri melalui Google Meet dan Quizizz terhadap hasil belajar siswa kelas X di MA USB FILIAL MAN BATAM pada materi Plantae.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

itengabdi

Publisher

Subject

Religion Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

Ite Ngabdi (E-ISSN: 3090-8094) is a Sasak language phrase which means “we serve”. Ite Ngabdi published by Yayasan Cendekia Citra Gemilang contains scientific articles from various disciplines adopted in multiple community service activities and other applied research. Articles published in Ite ...