Jurnal Ilmu Pendidikan
Vol 1 No 1 (2024): Jurnal Ilmu Pendidikan

Penguatan Ideologi Pancasila Dalam Dunia Pendidikan

Hadiman, Hadiman (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 Nov 2024

Abstract

Penguatan ideologi Pancasila dalam dunia pendidikan merupakan upaya strategis dalam menjaga integritas bangsa Indonesia di tengah tantangan globalisasi dan perkembangan zaman. Pancasila sebagai dasar negara dan ideologi bangsa memiliki nilai-nilai luhur yang harus diinternalisasikan dalam setiap aspek kehidupan, khususnya pendidikan. Melalui studi literatur, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pentingnya peran pendidikan dalam menanamkan nilai-nilai Pancasila sejak jenjang pendidikan dasar hingga perguruan tinggi. Kajian literatur ini mencakup berbagai sumber seperti buku, jurnal ilmiah, dan hasil penelitian terkait ideologi Pancasila dalam sistem pendidikan Indonesia. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penguatan ideologi Pancasila dalam pendidikan dapat membentuk karakter generasi muda yang berintegritas, berakhlak mulia, dan memiliki rasa tanggung jawab terhadap negara. Selain itu, pendidikan berbasis Pancasila mampu menjadi fondasi dalam membentengi pelajar dari ideologi yang bertentangan dengan nilai-nilai kebangsaan. Untuk mewujudkan hal ini, perlu integrasi nilai-nilai Pancasila dalam kurikulum serta dukungan dari seluruh pihak terkait, termasuk pemerintah, lembaga pendidikan, dan masyarakat. Kesimpulan penelitian ini menekankan bahwa penguatan ideologi Pancasila melalui pendidikan adalah langkah fundamental untuk menciptakan generasi yang tidak hanya cerdas secara intelektual tetapi juga kuat secara moral dan sosial. Dengan demikian, pendidikan berbasis Pancasila menjadi kunci utama dalam menjaga keutuhan bangsa dan mendorong pembangunan nasional yang berlandaskan nilai-nilai luhur

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jurnalilmupendidikan

Publisher

Subject

Education Other

Description

Jurnal Ilmu Pendidikan is a national journal published by the Pustaka Jurnal Publisher and is open access with a peer review process. This journal focuses on the dissemination of the latest knowledge in the world of education. Publication is carried out six times a year, namely in February, April, ...