Jurnal Ilmu Pendidikan
Vol 1 No 1 (2024): Jurnal Ilmu Pendidikan

Efektivitas Penggunaan Media Digital Interaktif dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia

Qodir, abdul (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Nov 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi efektivitas media digital interaktif dalam meningkatkan keterlibatan dan pemahaman siswa dalam pembelajaran Bahasa Indonesia. Dengan pendekatan kualitatif melalui metode studi literatur, artikel ini mengkaji berbagai literatur terkini, termasuk artikel jurnal, laporan pendidikan, dan pendapat para ahli, untuk menganalisis peran alat digital seperti aplikasi edukatif, video interaktif, dan kuis daring dalam proses belajar. Hasil kajian menunjukkan bahwa penggunaan media digital interaktif berkontribusi secara signifikan terhadap peningkatan motivasi, pemahaman, dan keterampilan berbahasa siswa. Selain itu, media digital mendukung pembelajaran yang terdiferensiasi dengan memungkinkan siswa berinteraksi dengan materi sesuai kecepatan mereka masing-masing. Namun, literatur juga menyoroti tantangan seperti kesenjangan literasi digital antara siswa dan guru, serta keterbatasan infrastruktur di daerah terpencil. Studi ini menyarankan pelatihan guru dan integrasi kurikulum sebagai kunci utama dalam memaksimalkan manfaat media digital. Kesimpulannya, meskipun media digital interaktif menawarkan peluang besar dalam pembelajaran bahasa, keberhasilannya sangat bergantung pada implementasi yang bijak dan akses teknologi yang merata

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jurnalilmupendidikan

Publisher

Subject

Education Other

Description

Jurnal Ilmu Pendidikan is a national journal published by the Pustaka Jurnal Publisher and is open access with a peer review process. This journal focuses on the dissemination of the latest knowledge in the world of education. Publication is carried out six times a year, namely in February, April, ...