Jurnal Ilmu Pendidikan
Vol 1 No 1 (2024): Jurnal Ilmu Pendidikan

Dampak Positif Literasi Digital terhadap Kemandirian Belajar Peserta Didik

Perdana, Muhammad Rizki (Unknown)



Article Info

Publish Date
17 Nov 2024

Abstract

Artikel ini mengkaji pengaruh positif literasi digital terhadap kemandirian peserta didik dalam proses belajar, menggunakan metodologi kualitatif berbasis studi pustaka. Penelitian ini mensintesis berbagai sumber akademik, termasuk artikel ilmiah, buku, dan kerangka kerja pendidikan, untuk memahami bagaimana literasi digital memberdayakan siswa menjadi pembelajar yang lebih mandiri. Temuan menunjukkan bahwa siswa dengan tingkat literasi digital yang lebih tinggi memiliki kemampuan yang lebih baik dalam mencari, mengevaluasi, dan menerapkan informasi secara efektif, yang mendorong kebiasaan belajar mandiri. Literatur juga mengungkapkan bahwa literasi digital mendorong regulasi diri, berpikir kritis, dan jalur pembelajaran yang dipersonalisasi. Selain itu, literasi digital menjembatani pendidikan formal dan informal, memungkinkan siswa belajar kapan saja dan di mana saja. Meski demikian, tantangan seperti ketimpangan akses terhadap alat digital dan kemampuan digital yang belum merata juga dibahas. Studi ini menyimpulkan bahwa integrasi literasi digital dalam sistem pendidikan sangat penting untuk membentuk peserta didik yang mandiri dan siap menghadapi era digital.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jurnalilmupendidikan

Publisher

Subject

Education Other

Description

Jurnal Ilmu Pendidikan is a national journal published by the Pustaka Jurnal Publisher and is open access with a peer review process. This journal focuses on the dissemination of the latest knowledge in the world of education. Publication is carried out six times a year, namely in February, April, ...