Jurnal Ilmu Pendidikan
Vol 1 No 1 (2024): Jurnal Ilmu Pendidikan

Integrasi Teknologi Deep Learning dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Era Digital

Oktaviani, Riska (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Dec 2024

Abstract

Transformasi digital dalam dunia pendidikan telah membuka peluang baru bagi pengembangan metode pembelajaran, termasuk dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI). Salah satu inovasi teknologi yang berpotensi besar untuk diintegrasikan ke dalam pembelajaran adalah deep learning, sebuah cabang dari kecerdasan buatan (AI) yang memungkinkan sistem komputer memproses data secara lebih kompleks dan adaptif. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis integrasi teknologi deep learning dalam pembelajaran PAI di era digital melalui pendekatan kualitatif dengan metode studi literatur (library research). Data dikumpulkan dari berbagai sumber ilmiah seperti jurnal, buku, artikel konferensi, dan dokumen resmi yang relevan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa teknologi deep learning dapat diterapkan dalam bentuk aplikasi pembelajaran cerdas, sistem rekomendasi materi religius, hingga chatbot berbasis AI untuk konsultasi keagamaan. Integrasi ini tidak hanya meningkatkan efektivitas pembelajaran, tetapi juga mampu membangun pengalaman belajar yang personal, interaktif, dan kontekstual sesuai kebutuhan peserta didik. Namun, penerapan teknologi ini memerlukan kesiapan infrastruktur digital, kompetensi guru, serta pengawasan konten agar tetap sejalan dengan nilai-nilai keislaman. Penelitian ini memberikan kontribusi dalam pengembangan model pembelajaran PAI berbasis teknologi yang relevan dengan tantangan era digital, serta menjadi rujukan bagi pengambil kebijakan pendidikan dan praktisi dalam merancang strategi pembelajaran yang inovatif dan bernilai spiritual.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jurnalilmupendidikan

Publisher

Subject

Education Other

Description

Jurnal Ilmu Pendidikan is a national journal published by the Pustaka Jurnal Publisher and is open access with a peer review process. This journal focuses on the dissemination of the latest knowledge in the world of education. Publication is carried out six times a year, namely in February, April, ...