Kemampuan guru dalam mengintegrasikan teknologi ke dalam pembelajaran menjadi tuntutan penting di era digital. Pelatihan berbasis Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK) diyakini dapat memperkuat kompetensi profesional guru secara menyeluruh, khususnya dalam merancang dan melaksanakan pembelajaran berbasis teknologi informasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi pustaka, mengkaji berbagai literatur relevan untuk menganalisis efektivitas pelatihan TPACK sebagai strategi penguatan keterampilan guru. Data diperoleh melalui teknik kajian kepustakaan dan dianalisis menggunakan metode thematic analysis. Hasil kajian menunjukkan bahwa pelatihan TPACK mampu meningkatkan integrasi pengetahuan pedagogik, konten, dan teknologi secara sinergis, serta memperkuat kemampuan guru dalam merancang pembelajaran kontekstual dan inovatif. Temuan ini juga merekomendasikan pentingnya desain pelatihan berbasis kebutuhan nyata, praktik langsung, dan refleksi kritis dalam pengembangan profesional guru. Dengan demikian, pelatihan TPACK menjadi strategi transformatif untuk meningkatkan kualitas pembelajaran yang adaptif terhadap perkembangan teknologi.
Copyrights © 2025