Jurnal Ilmu Pendidikan
Vol 1 No 3 (2025): Jurnal Ilmu Pendidikan

Pelatihan Integrasi TPACK sebagai Strategi Penguatan Keterampilan Guru dalam Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi

Nasrul, Muhammad (Unknown)
Hidayat, Faiz (Unknown)
Purnama Dewi, Wilda (Unknown)
Musa, Ahmad (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 Mar 2025

Abstract

Kemampuan guru dalam mengintegrasikan teknologi ke dalam pembelajaran menjadi tuntutan penting di era digital. Pelatihan berbasis Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK) diyakini dapat memperkuat kompetensi profesional guru secara menyeluruh, khususnya dalam merancang dan melaksanakan pembelajaran berbasis teknologi informasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi pustaka, mengkaji berbagai literatur relevan untuk menganalisis efektivitas pelatihan TPACK sebagai strategi penguatan keterampilan guru. Data diperoleh melalui teknik kajian kepustakaan dan dianalisis menggunakan metode thematic analysis. Hasil kajian menunjukkan bahwa pelatihan TPACK mampu meningkatkan integrasi pengetahuan pedagogik, konten, dan teknologi secara sinergis, serta memperkuat kemampuan guru dalam merancang pembelajaran kontekstual dan inovatif. Temuan ini juga merekomendasikan pentingnya desain pelatihan berbasis kebutuhan nyata, praktik langsung, dan refleksi kritis dalam pengembangan profesional guru. Dengan demikian, pelatihan TPACK menjadi strategi transformatif untuk meningkatkan kualitas pembelajaran yang adaptif terhadap perkembangan teknologi.  

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jurnalilmupendidikan

Publisher

Subject

Education Other

Description

Jurnal Ilmu Pendidikan is a national journal published by the Pustaka Jurnal Publisher and is open access with a peer review process. This journal focuses on the dissemination of the latest knowledge in the world of education. Publication is carried out six times a year, namely in February, April, ...