Penelitian ini membahas peran teknologi edukasi berbasis Kecerdasan Buatan (AI) dalam meningkatkan kualitas pembelajaran daring. Integrasi AI yang semakin pesat ke dalam platform pembelajaran digital telah secara signifikan mengubah praktik pengajaran dan pembelajaran, khususnya pada era pascapandemi ketika pendidikan daring menjadi komponen penting dalam sistem pendidikan formal maupun nonformal. Dengan menggunakan pendekatan kualitatif melalui metode studi literatur (library research), artikel ini mengkaji publikasi ilmiah, laporan, serta penelitian terkini yang berfokus pada penerapan AI dalam pendidikan. Analisis menekankan bagaimana AI mendukung pembelajaran yang dipersonalisasi, meningkatkan keterlibatan siswa, memfasilitasi umpan balik adaptif, serta membantu pendidik dalam perancangan pembelajaran. Temuan menunjukkan bahwa alat berbasis AI seperti sistem tutor cerdas, penilaian otomatis, dan platform pembelajaran adaptif berkontribusi positif terhadap pembelajaran yang berpusat pada siswa dengan menyediakan konten yang disesuaikan, umpan balik langsung, dan wawasan berbasis data. Selain itu, AI membantu mengatasi tantangan dalam pembelajaran daring, seperti isolasi peserta didik dan keterbatasan interaksi guru-siswa, dengan menawarkan sistem dukungan virtual yang interaktif dan cerdas. Namun, penelitian ini juga menyoroti isu terkait privasi data, literasi digital, dan pemerataan akses yang perlu diatasi untuk memastikan penggunaan AI dalam pendidikan berlangsung secara etis dan efektif. Secara keseluruhan, penelitian ini menyimpulkan bahwa teknologi edukasi berbasis AI memiliki potensi besar untuk meningkatkan kualitas dan keberlanjutan pembelajaran daring apabila diintegrasikan secara bijak dan bertanggung jawab
Copyrights © 2025