Jurnal Ilmu Pendidikan
Vol 1 No 4 (2025): Jurnal Ilmu Pendidikan

Peran Teknologi Edukasi Berbasis AI dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Daring

Imaduddin, Imaduddin (Unknown)



Article Info

Publish Date
16 Jun 2025

Abstract

Penelitian ini membahas peran teknologi edukasi berbasis Kecerdasan Buatan (AI) dalam meningkatkan kualitas pembelajaran daring. Integrasi AI yang semakin pesat ke dalam platform pembelajaran digital telah secara signifikan mengubah praktik pengajaran dan pembelajaran, khususnya pada era pascapandemi ketika pendidikan daring menjadi komponen penting dalam sistem pendidikan formal maupun nonformal. Dengan menggunakan pendekatan kualitatif melalui metode studi literatur (library research), artikel ini mengkaji publikasi ilmiah, laporan, serta penelitian terkini yang berfokus pada penerapan AI dalam pendidikan. Analisis menekankan bagaimana AI mendukung pembelajaran yang dipersonalisasi, meningkatkan keterlibatan siswa, memfasilitasi umpan balik adaptif, serta membantu pendidik dalam perancangan pembelajaran. Temuan menunjukkan bahwa alat berbasis AI seperti sistem tutor cerdas, penilaian otomatis, dan platform pembelajaran adaptif berkontribusi positif terhadap pembelajaran yang berpusat pada siswa dengan menyediakan konten yang disesuaikan, umpan balik langsung, dan wawasan berbasis data. Selain itu, AI membantu mengatasi tantangan dalam pembelajaran daring, seperti isolasi peserta didik dan keterbatasan interaksi guru-siswa, dengan menawarkan sistem dukungan virtual yang interaktif dan cerdas. Namun, penelitian ini juga menyoroti isu terkait privasi data, literasi digital, dan pemerataan akses yang perlu diatasi untuk memastikan penggunaan AI dalam pendidikan berlangsung secara etis dan efektif. Secara keseluruhan, penelitian ini menyimpulkan bahwa teknologi edukasi berbasis AI memiliki potensi besar untuk meningkatkan kualitas dan keberlanjutan pembelajaran daring apabila diintegrasikan secara bijak dan bertanggung jawab

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jurnalilmupendidikan

Publisher

Subject

Education Other

Description

Jurnal Ilmu Pendidikan is a national journal published by the Pustaka Jurnal Publisher and is open access with a peer review process. This journal focuses on the dissemination of the latest knowledge in the world of education. Publication is carried out six times a year, namely in February, April, ...