Jurnal Ilmu Pendidikan
Vol 1 No 5 (2025): Jurnal Ilmu Pendidikan

Peran Guru dalam Membimbing Siswa Memahami Konsep Gig Economy dan Fleksibilitas Kerja

Jannah, Farha Raudhatul (Unknown)
Isyalia, Holis (Unknown)
Supartini, Titin (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Jul 2025

Abstract

Karena ekonomi pertunjukan secara fundamental membentuk kembali masa depan pekerjaan, sistem pendidikan menghadapi tantangan mendesak untuk mempersiapkan siswa untuk jalur karir yang tidak linier dan fleksibel. Sementara reformasi kurikulum dibahas, peran pedagogis guru dalam membimbing siswa melalui lanskap yang kompleks dan seringkali ambigu ini masih kurang dieksplorasi. Makalah ini bertujuan untuk menganalisis peran beragam guru dalam membantu siswa sekolah menengah memahami konsep ekonomi pertunjukan dan fleksibilitas kerja. Menggunakan metodologi kualitatif berdasarkan pendekatan penelitian perpustakaan yang komprehensif, penelitian ini mensintesis temuan dari literatur kontemporer di bidang pendidikan, sosiologi kerja, dan konseling karir. Analisis mengungkapkan bahwa peran guru pada dasarnya bergeser dari pemancar pengetahuan menjadi "pemandu dalam ketidakpastian", yang sering bertindak sebagai rekan belajar bersama siswa. Pedagogi yang efektif ditemukan melampaui pengajaran teoretis, alih-alih mengandalkan memfasilitasi dialog kritis, mendekonstruksi paradigma yang mengakar dari pekerjaan yang stabil, dan memanfaatkan contoh kontekstual yang otentik. Selain itu, dimensi signifikan dari peran ini melibatkan kerja emosional yang substansial, namun seringkali tidak diakui, saat guru menavigasi kecemasan terkait karier siswa. Studi ini menyimpulkan bahwa membimbing siswa tentang ekonomi pertunjukan kurang tentang mengajarkan topik ekonomi baru dan lebih banyak tentang menumbuhkan pola pikir yang siap untuk masa depan. Oleh karena itu, peran guru sangat penting, tidak hanya dalam mentransfer informasi, tetapi dalam menumbuhkan pemikiran kritis, kemampuan beradaptasi, dan ketahanan emosional yang diperlukan untuk masa depan yang genting.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jurnalilmupendidikan

Publisher

Subject

Education Other

Description

Jurnal Ilmu Pendidikan is a national journal published by the Pustaka Jurnal Publisher and is open access with a peer review process. This journal focuses on the dissemination of the latest knowledge in the world of education. Publication is carried out six times a year, namely in February, April, ...