Jurnal Ilmu Pendidikan
Vol 1 No 6 (2025): Jurnal Ilmu Pendidikan

Peran Media Film Dokumenter dalam Membangun Empati Sosial Siswa terhadap Kelompok Marjinal

Wilhelmina, Wilhelmina (Unknown)



Article Info

Publish Date
24 Sep 2025

Abstract

Menumbuhkan empati sosial terhadap kelompok terpinggirkan adalah tujuan penting dari pendidikan abad ke-21, namun tetap menjadi tantangan signifikan di dunia digital yang semakin terpolarisasi. Sementara film dokumenter adalah alat pedagogis yang ampuh, proses di mana mereka menumbuhkan empati pada siswa tidak sepenuhnya dipahami. Artikel ini mengeksplorasi peran media film dokumenter dalam proses membangun empati sosial di kalangan siswa SMA. Menggunakan metodologi studi penerimaan kualitatif, didasarkan pada literatur ekstensif dan penelitian perpustakaan, penelitian ini menyelidiki pengalaman siswa. Data dikumpulkan melalui proses multi-tahap, termasuk diskusi kelompok fokus pra dan sesudah penyaringan, observasi, refleksi tertulis, dan wawancara mendalam, untuk menangkap perjalanan interpretasi siswa. Temuan ini menunjukkan bahwa film dokumenter berfungsi sebagai katalis yang kuat untuk mendekonstruksi stereotip yang sudah ada sebelumnya dengan memberikan pengalaman perwakilan otentik yang memanusiakan subjek yang terpinggirkan. Analisis mengungkapkan evolusi afektif yang signifikan pada siswa, dari keadaan belas kasihan yang jauh ke empati yang lebih mendalam dan mengambil perspektif. Selain itu, dengan fasilitasi terpandu, hubungan empati ini ditemukan untuk memicu kesadaran kritis yang baru lahir pada beberapa siswa, mendorong mereka untuk mempertanyakan akar sistemik ketidakadilan sosial. Penelitian ini menyimpulkan bahwa film dokumenter, jika digabungkan dengan pedagogi kritis, sangat efektif dalam menumbuhkan empati sosial. Peran mereka melampaui stimulasi emosional untuk menjadi alat analisis sosial kritis. Studi ini merekomendasikan integrasi terstruktur dari tontonan dokumenter yang difasilitasi ke dalam kurikulum untuk menumbuhkan warga negara yang lebih berempati, sadar, dan terlibat secara kritis.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jurnalilmupendidikan

Publisher

Subject

Education Other

Description

Jurnal Ilmu Pendidikan is a national journal published by the Pustaka Jurnal Publisher and is open access with a peer review process. This journal focuses on the dissemination of the latest knowledge in the world of education. Publication is carried out six times a year, namely in February, April, ...