Penelitian ini bertujuan mengeksplorasi dorongan pendidikan demokrasi di SMP Negeri 4 Ranoyapo melalui penguatan motivasi belajar dengan fokus pada pemahaman siswa tentang pendidikan demokrasi, persepsi mereka tentang motivasi belajar, dan sinergi antara berbagai elemen pembelajaran. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara mendalam dan observasi partisipatif terhadap siswa kelas 7 SMP Negeri 4 Ranoyapo, Desa Mopolo, Kecamatan Ranoyapo. Data dianalisis menggunakan model Miles dan Huberman meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemahaman siswa tentang pendidikan demokrasi masih bersifat konseptual dan belum diterjemahkan dalam perilaku demokratis nyata, motivasi belajar siswa dalam pembelajaran pendidikan demokrasi masih rendah akibat metode pembelajaran yang monoton dan tidak relevan, serta belum terwujudnya pembelajaran yang demokratis dimana siswa dapat berpartisipasi aktif dan mempraktikkan nilai-nilai demokrasi. Penelitian menyimpulkan perlunya transformasi paradigma pembelajaran menuju student-centered dan pengembangan strategi penguatan motivasi yang komprehensif untuk meningkatkan efektivitas pendidikan demokrasi.
Copyrights © 2025