Matematika merupakan ilmu pengetahuan yang penting dan sering diaplikasikan di kehidupan sehari-hari. Para siswa wajib untuk mempelajari dan menguasai ilmu tersebut. Keterampilan berhitung menjadi salah satu kunci sukses dalam mengikuti pembelajaran matematika. Berdasarkan observasi lapangan di kelas V SD Muhammadiyah Purworejo, masih banyak dijumpai siswa yang lambat dalam mengerjakan soal matematika. Di samping itu, keberadaan media yang menunjang keterampilan berhitung siswa juga masih belum tersedia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui langkah-langkah atau proses dalam mengembangkan media serta menguji kelayakan media yang dikembangkan untuk membantu meningkatkan keterampilan berhitung siswa kelas V SD. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (R&D) adaptasi Borg & Gall (1983: 775-776) yang memiliki 10 langkah. Pada penelitian ini, prosedur pengembangan media hanya melaksanakan sampai pada tahap ke tujuh, yakni: 1) mencari potensi dan masalah, 2) menganalisis kebutuhan dan studi literatur, 3) desain produk awal, 4) validasi ahli, 5) revisi desain, 6) ujicoba terbatas, 7) revisi produk. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dan observasi. Hasil validasi menunjukkan kualitas media tergolong “sangat baik”. Hal ini menunjukkan media yang dikembangkan layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran guna membantu meningkatkan keterampilan berhitung siswa kelas V SD.
Copyrights © 2017