Penelitian ini bertujuan mengembangkan model permainan motorik kasar bagi siswa Taman Kanak-kanak. Penelitian ini menggunakan metode penelitian pengembangan (R & D) dengan mengadaptasi langkah-langkah penelitian dan pengembangan menurut Borg & Gall (1983: 775) dengan tahapan: (1) studi pendahuluan, (2) analisis hasil studi pendahuluan, (3) mengembangkan produk awal (4) pra ujicoba produk dan revisi, (5) ujicoba skala kecil dan revisi, (6) ujicoba skala besar dan revisi, dan (7) pembuatan produk final. Hasil penelitian ini berupa model permainan motorik bagi siswa taman kanak-kanak, yang terdiri dari lima permainan, yaitu: (1) permainan menanam biji tanaman, (2) permainan pindah bendera, (3) permainan lempar sasaran, (4) permainan tendangan super, (5) permainan harimau mencari mangsa. Permainan-permainan tersebut disusun sesuai panduan kurikulum TK 2010, sesuai dengan karakteristik siswa TK; membuat anak gembira serta mudah dilakukan.
Copyrights © 2017