EDUKASI : Jurnal Penelitian dan Artikel Pendidikan
Edisi Khusus: Call of Paper Seminar Nasional FKIP 2018

Penerapan Hidden Curriculum untuk Mengembangkan Karakter Mandiri Pada Anak Usia Dini

Hartini, Sri (Unknown)
Nurajizah, Nuni (Unknown)
Nurpitasari, Emilia (Unknown)



Article Info

Publish Date
19 Nov 2018

Abstract

Tujuan dari penulisan ini adalah untuk memberikan referensi terkait beberapa strategi yang dapat dilakukan untuk mengembangkan karakter mandiri pada anak usia dini. Anak usia dini merupakan sekelompok anak yang berada dalam proses pertumbuhan dan perkembangan yang bersifat unik. Dalam proses perkembangan anak usia dini masih memiliki ketergantungan terhadap orang tua. Anak usia dini notabene memiliki perilaku yang belum mandiri dan belum terbiasa dijauhkan dengan orangtuanya. Hal ini akan menyebabkan anak tidak bisa mengurus dirinya sendiri, takut jika ditinggal ibunya, sulit untuk mengakui kesalahan, dan tidak bisa menjaga kebersihan lingkungan. Maka dari itu, karakter mandiri sangat penting dikembangkan pada anak usia dini. Terdapat beberapa strategi yang dapat diterapkan untuk mengembangkan karakter mandiri pada anak usia dini. Salah satunya yaitu dengan menerapkan hidden curriculum atau kurikulum tersembunyi yang dilaksanakan di sekolah. Adapun strategi yang dapat diimplementasikan di sekolah untuk mengembangkan karakter mandiri pada anak usia dini diantaranya yaitu: 1) Penggunaan media edukatif. 2) Pembiasaan untuk melakukan kegiatan pembelajaran tanpa di dampingi orang tua. 3) Pemberian reward atau punishment di setiap kegiatan yang dilakukan oleh anak. 4) Toilet training.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

edukasi

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics

Description

Edukasi publishes research manuscripts in the field of education. Work must be of a quality and context that the Editorial Board think would be of interest to a reader. The aims and scope of the journals are to: • Provide a journal that reports research on topics that are of significance across ...