SJME (Supremum Journal of Mathematics Education)
Vol 3 No 1 (2019): January 2019

Analisis Kesulitan Calon Guru Sekolah Dasar Dalam Menyelesaikan Soal Pemecahan Masalah Matematis Berdasarkan Prosedur Newman

Kania, Nia (Unknown)
Arifin, Zaenal (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Jan 2019

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk: (1) Memberikan gambaran mengenai profil calon guru Sekolah Dasar dalam pemecahan masalah matematis berdasarkan prosedur Newman; (2) Mendeskripsikan faktor-faktor yang menjadi penyebab mahasiswa mengalami kesulitan dalam setiap langkah pemecahan masalah berdasarkan prosedur Newman; (3) Memaparkan dampak yang ditimbulkan dari kesulitan mahasiswa dalam pemecahan masalah matematis; (4) Menemukan cara yang tepat dalam mengatasi kesalahan mahasiswa dalam pemecahan masalah matematis.Populasi penelitan adalah Mahasiswa Calon Guru Sekolah Dasar Universitas Majalengka. Sampel adalah semester V pada matakuliah Pemecahan Masalah Matematika. Pengambilan data diperoleh dengan pedoman wawancara, lembar observasi mahasiswa dan lembar soal tes untuk melihak kemampuan pemecahan masalah matematis mahasiswa. yang kemudian dianalisis melalui langkah-langkah; (1) Reduksi Data; (2)Penyajian Data; (3) Verifikasi. Hasil penelitian adalah Jenis kesulitan yang dilakukan mahasiswa dalam menyelesaikan soal  pemecahan masalah berdasarkan prosedur Newman; (1) Terdapat 33,33% subjek penelitian mengalami jenis kesulitan pada tahap comprehension; (2) Terdapat 16,67%  subjek penelitian yang kesulitan pada tahap transformation; (3) Terdapat 16,67%  subjek penelitian yang kesulitan pada tahap process skill; (4) Terdapat 16,67%  subjek penelitian yang kesulitan pada tahap encoding; (5) terdapat 16,67%  subjek penelitian yang tidak menggunakan prosedur Newman dalam menyelesaikan masalahnya. DOI: https://doi.org/10.31235/osf.io/brwgs

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

supremum

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

The Journal invites original research articles and not simultaneously submitted to another journal or conference. The whole spectrum of research in mathematics education are welcome, which includes, but is not limited to the following topics: Design/Development Research in Mathematics Education ...