SJME (Supremum Journal of Mathematics Education)
Vol 4 No 2 (2020): Supremum Journal of Mahematics Education

Perbandingan Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa Melalui Penerapan Pembelajaran Guided Discovery, Worked Example, dan Scientific

Azizah, Nur (Unknown)
Rosyid, Abdul (Unknown)
Noorfitriani, Intan (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Jul 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan kemampuanpemahaman matematis siswa melalui penetapan pembelajaranGuided Discovery, Worked Example maupun Scientific. Penelitianini merupakan penelitian kuasi eksperimen dengan desain penelitianpretest posttest non equivalent group desain. Populasi dalampenelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1Jalaksana tahun pelajaran 2018/2019, adapun sampel dalampenelitian ini terdiri tiga kelas eksperimen yang diambil secara acakdari sepuluh kelas yang ada sehingga kelas VIII-G, VIII-H, dan kelasVIII-J terpilih sebagai sampel. Kelas VIII-H merupakan kelompokGuided Discovery, kelas VIII-J merupakan kelompok WorkedExample dan kelas VIII-G merupakan kelompok Scientific. Hasilanalisis data melalui uji Anova satu jalan terhadap data pretestmenunjukkan nilai F_hitung<F_tabel, hal ini berarti ketiga kelompoktersebut memiliki kemampuan awal yang sama. Adapun hasil analisisdata melalui uji Anova satu jalan terhadap data posttest menunjukkannilai F_hitung>F_tabel,hal ini menunjukan bahwa terdapat perbedaankemampuan pemahaman matematis siswa pada ketiga kelompokekspermen setelah memperoleh perlakuan. Adapun berdasarkan ujilanjutan diketahui bahwa terdapat perbedaan dari rerata skorkemampuan pemahaman matematis pada setiap pasangan kelompok.Besar rerata ketiga kelompok perlakuan jika diurutkan adalah (1)pembelajaran Worked Example dengan rerata 84,83, (2)pembelajaran Guided Discovery dengan rerata 76,14 dan (3)pembelajaran Scientific dengan rerata 68,00.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

supremum

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

The Journal invites original research articles and not simultaneously submitted to another journal or conference. The whole spectrum of research in mathematics education are welcome, which includes, but is not limited to the following topics: Design/Development Research in Mathematics Education ...