SJME (Supremum Journal of Mathematics Education)
Vol 7 No 1 (2023): Supremum Journal of Mahematics Education

Persepsi Guru Matematika Terhadap Kemampuannya dalam Implementasi Kurikulum Merdeka

Gusmawan, Dendy Maulana Gusmawan (Unknown)
Herman, Tatang (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Jan 2023

Abstract

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi telah menetapkan kurikulum baru bagi pendidikan dasar dan menengah yang akan mulai diterapkan pada tahun ajaran 2022/2023. Walaupun belum bersifat wajib, namun Dinas Pendidikan Kota Bandung menganjurkan beberapa instansi pendidikan untuk menerapkan kurikulum merdeka sebagai upaya mengatasai dampak Pandemi Covid-19. Namun faktanya, para guru menghadapi beberapa tantangan dalam menerapkan perubahan dari Kurikulum 2013 menjasi Kurikulum Merdeka. Salah satunya adalah guru Matematika. Hal ini dikarenakan guru harus menyajikan pembelajaran yang kontekstual, relevan, dan fleksibel. Penelitian ini menemukan bahwa persepsi guru Matematika pada jenjang SMP di Kota Bandung terhadap kemampuannya mengimplementasikan Kurikulum Merdeka berada padak kategori cukup. Namun, guru masih mengalami kesulitan dalam menyusun asesmen dan evaluasi khususnya dalam penyusunan asesmen pembelajaran yang sesuai dengan kurikulum merdeka.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

supremum

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

The Journal invites original research articles and not simultaneously submitted to another journal or conference. The whole spectrum of research in mathematics education are welcome, which includes, but is not limited to the following topics: Design/Development Research in Mathematics Education ...