SJME (Supremum Journal of Mathematics Education)
Vol 9 No 2 (2025): Supremum Journal of Mahematics Education

Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa SMP Dalam Pembelajaran Numerasi Berbantuan Media Berbasis Web Topik Persamaan Linear Satu Variabel

Ramadhaniyah, Mona (Unknown)
Meryansumayeka, Meryansumayeka (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Jul 2025

Abstract

Kemampuan siswa SMP dalam berpikir kreatif pada materi Persamaan Linear Satu Variabel masih tergolong rendah. Hal ini perlu diatasi, salah satunya dengan menerapkan pembelajaran numerasi yang menyajikan permasalahan kontekstual. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir kreatif siswa SMP dalam pembelajaran numerasi berbantuan media berbasis web topik persamaan linear satu variabel. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 57 Palembang dengan menggunakan instrumen tes tertulis dan wawancara. Pembelajaran dilakukan dengan penyampaian tujuan, materi pengantar, penyajian soal numerasi melalui LKPD dan berbantuan media berbasis web, diakhiri dengan penguatan serta simpulan dari pembelajaran. Dari hasil pelaksanaan tes dan wawancara diperoleh bahwa siswa memiliki rata-rata skor sebesar 70,11 berkategori sedang. Dengan pencapaian setiap indikator kemampuan berpikir kreatif yaitu, Kelancaran (Fluency) sebesar 73,27%; Keluwesan (Flexibility) sebesar 73,70%; Kebaruan (Novelty) sebesar 64,22%

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

supremum

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

The Journal invites original research articles and not simultaneously submitted to another journal or conference. The whole spectrum of research in mathematics education are welcome, which includes, but is not limited to the following topics: Design/Development Research in Mathematics Education ...