Istifkar: Media Transformasi Pendidikan
Vol 5 No 2 (2025): Istifkar: Media Transformasi Pendidikan

INTERNALISASI SIKAP TOLERAN MELALUI HIDDEN CURRICULUM PADA MATA PELAJARAN PAI DI SD NEGERI 035 SOKA BANDUNG

Muhammad, Giantomi (Unknown)
Al Ghazal, Sobar (Unknown)



Article Info

Publish Date
09 Sep 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan internalisasi sikap toleran melalui hidden curriculum pada mata pelajaran PAI di sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode etnografi. Peneliti melakukan wawancara, observasi dan dokumentasi kepada objek penelitian. Dilakukan analisis data dengan mereduksi, melengkapi, menafsirkan dan menarik kesimpulan dari data yang diperoleh. Hasil penelitian yang diperoleh bahwa upaya guru PAI dalam menginternalisasikan sikap toleran melalui hidden curriculum dilakukan langkah-langkah seperti penerapan aturan (rules) pada proses pembelajaran PAI yang diterapkan oleh guru PAI, kebijakan (regulatios) yang mendukung pemahaman peserta didik dalam menjunjung tinggi sikap toleransi, dan rutin (routines) yakni pembiasaan rutin yang menekankan prinsip toleran dengan penguatan pemahaman keagamaan.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

istifkar

Publisher

Subject

Religion Education Other

Description

ISTIFKAR: Media Transformasi Pendidikan merupakan jurnal yang dikelola oleh Sekolah Tinggi Islam Kendal yang fokus pada kajian pendidikan diantaranya mengenai; 1) Ilmu Pendidikan Islam, 2) Kurikulum Pendidikan Islam, 3) Evaluasi Pendidikan Islam, 4) Psikologi Pendidikan, 5) Filsafat Pendidikan, 6) ...