Fokus kajian ini adalah memaparkan pemberdayaan masyarakat khususnya peningkatan kompetensi para guru sekolah dasar dan menengah di Kabupaten Bantul. Kegiatan ini digagas sebagai salah satu solusi atas kendala para guru yang kesulitan dalam menulis serta mempublikasikan karya tulis ilmiah. Hal tersebut menjadi sebab mengapa mayoritas purnabakti dalam golongan IV/a, mengingat penulisan karya tulis ilmiah merupakan syarat mutlak untuk pengajuan kenaikan pangkat dan golongan. Kegiatan ini diselenggarakan dalam bentuk bimbingan teknis dalam dua hari dengan menggunakan beberapa metode ceramah, diskusi dan learning by project. Setiap peserta memperoleh paparan materi dan kesempatan untuk berdiskusi mengenai penulisan karya tulis ilmiah. Selanjutnya peserta akan dibimbing secara lebih intens melalui penugasan menggunakan metode learning by project. Hasil yang diperoleh melalui kegiatan ini adalah 1) peserta mengetahui dasar-dasar penulisan karya tulis ilmiah; 2) peserta mengetahui tata cara penulisan karya tulis ilmiah; 3) peserta mengetahui cara publikasi karya tulis ilmiah; 4) peserta dapat membuat karya tulis ilmiah dan mempublikasikannya.
Copyrights © 2024