Usaha Mikro, Kecil, dan Menegah (UMKM) memiliki peran penting dalam pengembangan ekonomi lokal dan peningkatan pendapatan masyarakat setempat. Seiring dengan perkembangan teknologi, digitalisasi semakin memainkan peran penting dalam pertumbuhan dan keberlangsungan UMKM, dengan memberikan akses terhadap platform e-commerce, pembayaran digital, pemasaran online, dan alat manajemen bisnis. Pengembangan branding adalah langkah penting yang perlu dilakukan oleh Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). Pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan keterampilan branding para pelaku UMKM Kuliner yang ada di Kampung Bencongan. Permasalahan utama yang dihadapi adalah kurangnya pemahaman akan pentingnya branding dalam konteks digital, keterampilan terbatas dalam pemasaran digital, serta minimnya pelatihan dan pendampingan mengenai strategi branding. Metode yang digunakan adalah sosialisasi dan pelatihan melalui program Kuliah Peduli Negeri. Hasil menunjukkan adanya peningkatan pemahaman para pelaku UMKM Kuliner dalam memanfaatkan media sosial sebagai sarana yang dapat digunakan untuk mengembangkan maupun memperkuat branding usaha mereka, yang didukung dengan hasil kuesioner yang diberikan di akhir kegiatan.
Copyrights © 2024