Jurnal Pengabdian Masyarakat Inovasi Indonesia
Vol 3 No 4 (2025): JPMII - Agustus 2025

Optimalisasi Peran Community Engagement dalam Pengelolaan Media Sosial UMKM Ratu Snack

Reviyanto, Muhammad (Unknown)
Rosdiana, Riska (Unknown)
Beka, Emir Gibran (Unknown)
Suyanto, Rizvan Shafry (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Aug 2025

Abstract

Perkembangan media sosial di era digital memberikan peluang besar bagi pelaku UMKM dalam memperluas jangkauan pasar secara efektif. Pengabdian masyarakat ini dilakukan untuk meningkatkan efektivitas pengelolaan media sosial UMKM Ratu Snack Box melalui pendekatan community engagement. Metode yang digunakan adalah manajemen proyek aplikatif dengan fokus pada platform Instagram, TikTok, dan Facebook. Kegiatan meliputi perencanaan konten, pengelolaan interaksi digital, serta pemantauan performa sosial media. Hasil menunjukkan adanya peningkatan jumlah pengikut, interaksi audiens, dan penjualan produk setelah strategi diterapkan. Temuan ini menegaskan bahwa community engagement berperan penting dalam memperkuat hubungan UMKM dengan konsumen serta meningkatkan visibilitas digital.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jpmii

Publisher

Subject

Computer Science & IT Education Engineering Public Health Social Sciences

Description

Jurnal Pengabdian Masyarakat Inovasi Indonesia (JPMII) adalah jurnal nasional yang berisi hasil-hasil kegiatan pengabdian dan pemberdayaan masyarakat berupa penerapan berbagai bidang ilmu diantaranya pendidikan, teknik, pertanian, sosial humaniora, komputer dan kesehatan. Jurnal Pengabdian ...