Pengabdian ini dilatarbelakangi dari analisis situasi kesulitan guru terkadang merasa kesulitan dalam mengatur kelas akibat perilaku anak usia dini yang sangat aktif sehingga kelas menjadi tidak kondusif. Perilaku disruptif pada siswa merupakan perilaku yang tidak pantas yang dilakukan siswa selama proses pembelajaran. Perlu adanya pendampingan dan pelatihan terkait suatu pelatihan pembuatan token economy untuk menurunkan perilaku disruptif anak usia dini sehingga dapat membantu permasalahan dalam kesulitan guru untuk menurunkan perilaku disruptif. Metode yang digunakan dalam program pelatihan ini adalah dengan melakukan workshop atau lakokarya untuk sekolah sasaran dari narasumber professional dan praktisi profesional. Hasil Program pengabdian ini menunjukkan bahwa program pengabdian ini sangat bermanfaat dan memberikan update pengetahuan dan keterampilan bagi guru-guru pada sekolah mitra PAUD Charis Kota Ternate untuk dapat membuat media token economy sehingga guru menurunkan perilaku disruptif dan kelas menjadi kondisif dan siswa menjadi bersemangat dalam berbuat baik.
Copyrights © 2025