Journal of Modern Social and Humanities
Vol. 1 No. 1: Journal of Modern Social and Humanities, January 2025

Sekolah sebagai Laboratorium Demokrasi: Mewujudkan Pendidikan Berkualitas melalui Prinsip Pendidikan Progresif Dewey

Irhas, Irhas (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Oct 2025

Abstract

Penelitian ini mengkaji penerapan konsep "sekolah sebagai laboratorium demokrasi" melalui model pendidikan progresif John Dewey di Indonesia. Model ini menekankan pembelajaran berbasis pengalaman, diskusi, interaktivitas, dan pendekatan interdisipliner. Meskipun memiliki banyak keunggulan, implementasinya di Indonesia menghadapi tantangan seperti kurangnya pemahaman tentang demokrasi pendidikan, ketidaksiapan siswa, keterbatasan sistem dan infrastruktur, serta resistensi dari berbagai pihak. Penelitian ini menggunakan metode studi literatur untuk mengidentifikasi dan mensintesis informasi dari berbagai sumber sekunder, termasuk artikel ilmiah, buku, dan dokumen relevan. Tujuan penelitian ini adalah untuk memberikan wawasan mengenai peluang dan hambatan penerapan model pendidikan progresif Dewey, serta kontribusinya terhadap peningkatan kualitas pendidikan di Indonesia.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jmsh

Publisher

Subject

Religion Arts Humanities Economics, Econometrics & Finance Education Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences Other

Description

Journal of Modern Social and Humanities (JMSH) is a scientific journal peer-reviewed, electronic, online journal that provides publication of articles that focus in the fields of Social Science and Humanities studies. JMSH is published by Gema Cendekia Institute, which will cater to needs of all ...