Jurnal Buana Kata: Pendidikan, Bahasa, dan Ilmu Komunikasi
Vol. 2 No. 3 (2025): Jurnal Buana Kata: Pendidikan, Bahasa, dan Ilmu Komunikasi

MENELAAH MODEL DESAIN PEMBELAJARAN: PERSPEKTIF BANATHY, DICK & CAREY, SERTA PPSI DALAM KONTEKS PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH DASAR

Shalahuddin (Unknown)
Kusnadi, Edy (Unknown)
Bilhaq, Mhd Zulfa (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Jul 2025

Abstract

Pendidikan Agama Islam (PAI) di Sekolah Dasar memiliki peran strategis dalam membentuk karakter, nilai moral, dan spiritual peserta didik sejak dini. Untuk mencapai tujuan tersebut secara efektif, diperlukan pendekatan desain pembelajaran yang tepat dan sistematis. Artikel ini mengkaji tiga model desain pembelajaran Banathy, Dick & Carey, serta Prosedur Pengembangan Sistem Instruksional (PPSI) dalam konteks pembelajaran PAI di SD. Masing-masing model dianalisis dari segi karakteristik, struktur pengembangan, dan relevansinya terhadap kebutuhan pendidikan dasar. Model Banathy menekankan pendekatan sistem terbuka yang kontekstual, Dick & Carey menghadirkan desain yang terstruktur dan berbasis tujuan, sementara PPSI lebih dekat dengan praktik operasional di Indonesia. Kajian ini memberikan panduan bagi guru PAI dalam memilih atau mengadaptasi model yang paling sesuai dengan kebutuhan peserta didik dan tujuan kurikulum. Hasil analisis menunjukkan bahwa integrasi pendekatan dari ketiga model dapat meningkatkan efektivitas pembelajaran PAI yang bersifat holistik dan bermakna. Islamic Religious Education (PAI) in Elementary Schools has a strategic role in shaping the character, moral values, and spirituality of students from an early age. To achieve these goals effectively, an appropriate and systematic learning design approach is needed. This article examines three learning design models, Banathy, Dick & Carey, and the Instructional System Development Procedure (PPSI) in the context of PAI learning in elementary schools. Each model is analyzed in terms of its characteristics, development structure, and relevance to the needs of elementary education. The Banathy model emphasizes a contextual open system approach, Dick & Carey presents a structured and goal-based design, while PPSI is closer to operational practices in Indonesia. This study provides guidance for PAI teachers in choosing or adapting the model that best suits the needs of students and curriculum objectives. The results of the analysis show that the integration of approaches from the three models can increase the effectiveness of holistic and meaningful PAI learning.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

buanakata

Publisher

Subject

Religion Humanities Computer Science & IT Education Languange, Linguistic, Communication & Media Library & Information Science Social Sciences Other

Description

Jurnal Buana Kata: Pendidikan, Bahasa, dan Ilmu Komunikasi merupakan wadah ilmiah yang menyajikan hasil-hasil penelitian dibidang pendidikan, ilmu bahasa, dan ilmu komunikasi. Jurnal Buana Kata: Pendidikan, Bahasa, dan Ilmu Komunikasi terbit empat kali dalam satu tahun, pada bulan Januari, April, ...