Tujuan pelatihan yaitu untuk membelajarkan kemampuan belajar bermakna dan kemampuan mengajar sistematikc bagi mahasiswa prodi PGSD FKIP Universitas Muhammadiyah Palangkaraya sehingga sewaktu pembelajaran materi, siswa mudah menerima materi dan bersemangat dalam belajar. Peserta pelatihan adalah mahasiswa prodi PGSD FKIP Universitas Muhammadiyah Palangkaraya yang berjumlah 51 orang terdiri dari dua kelas. Metode yang digunakan yaitu semua mahasiswa melakukan praksis berpikir analisis dengan melihat media gambar yang ditampilkan kemudian mempraktikkan melalui maju ke depan untuk menulis ke white board melalui apa yang dilihat pada media gambar. Pertama, menulis kosa kata; Kedua, mengkonsep seperti peta untuk kosa kata yang telah ditulis menjadi rangkaian kosa kata yang dipisahkan dengan tanda pisah dari beberapa kosa kata; dan Ketiga, beberapa kosa kata yang telah dipeta konsepkan dan diberi tanda pisah atau hubung kemudian dibuat menjadi kalimat. Temuan pelatihan ini yaitu mahasiswa masih kurang memliki komampuan untuk berpikir konsep melalui merangkai kalimat yang dituliskan dan hasil pelatihan diperoleh bahwa mahasiswa mulai memiliki kemampuan menyusun kalimat dan kemampuan beripikir analisis. Simpulan yaitu pelatihan berpikir analisis mampu mengembangkan kemampuan berpikir untuk memetakan masalah, mencari masalah, dan menemukan gagasan serta menghubungkan antar bagian gagasan bagi mahasiswa prodi PGSD FKIP Universitas Muhammadiyah Palangkaraya.
Copyrights © 2024