Jurnal Perspektif Penelitian Pendidikan
Vol. 1 No. 2 (2023): Jurnal Perspektif Penelitian Pendidikan

Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPA Menggunakan Model Two Stay Two Stray Berbantuan Media Gambar Di Sekolah Dasar Negeri 5 Menteng

Widyasari, Dinda (Unknown)
Zannah, Fathul (Unknown)
Usop, Dwi Sari (Unknown)



Article Info

Publish Date
04 Dec 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan aktivitas belajar IPA pada peserta didik kelas V Sekolah Dasar Negeri 5 Menteng Palangka Raya dengan menerapkan model Two Stay Two Stray, (2) mendeskripsikan aktivitas guru dalam pembelajaran IPA kelas V Sekolah Dasar Negeri 5 Menteng Palangka Raya dengan menerapkan model Two Stay Two Stray, (3) meningkatkan hasil belajar IPA dengan menggunakan model Two Stay Two Stray pada peserta didik kelas V di Sekolah Dasar Negeri 5 Menteng Palangka Raya. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian peneliti sebanyak 31 orang peserta didik dengan 16 laki-laki dan 15 perempuan. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan tes. Analisis data didasarkan pada hasil siklus saat proses pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Aktivitas belajar IPA peserta didik pada siklus I menjadi baik pada saat proses pembelajaran berlangsung dengan menggunakan model Two Stay Two Stray dengan menggunakan media gambar pada peserta didik kelas V Sekolah Dasar Negeri 5 Menteng Palangka Raya. (2) Aktivitas guru pada siklus I menjadi baik pada saat proses pembelajaran berlangsung dengan menggunakan model Two Stay Two Stray dengan menggunakan media gambar pada peserta didik kelas V Sekolah Dasar Negeri 5 Menteng Palangka Raya (3) Ada peningkatan hasil belajar IPA dengan menggunakan model Two Stay Two Stray dengan menggunakan media gambar pada peserta didik kelas V Sekolah Dasar Negeri 5 Menteng Palangka Raya. Hal ini terlihat dari data hasil belajar peserta didik pada siklus I dengan rata-rata yaitu 85 dan ketuntasan secara klasikalnya yaitu 100 %.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jppp

Publisher

Subject

Education Other

Description

Jurnal Perspektif Penelitian Pendidikan is a national journal managed by the Faculty of Teacher Training and Education Universitas Muhammadiyah Palangkaraya and published twice a year in June and December by the Institute for Research and Community Services Universitas Muhammadiyah Palangkaraya. ...