Jurnal Perspektif Penelitian Pendidikan
Vol. 2 No. 1 (2024): Jurnal Perspektif Penelitian Pendidikan

Analisis Kesulitan Menulis Permulaan pada Peserta Didik Kelas II SDN Anjir Pulang Pisau-3

Estimurti, Endang Sri (Unknown)
Nisa, Khairun (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 Jun 2024

Abstract

Kesulitan belajar dapat dikatakan ketika peserta didik mengalami kondisi dimana ada hambatan dalam proses belajarnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ciri-ciri peserta didik berkesulitam belajar menulis permulaan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian  kualitatif. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah Observasi, Wawancara dan Dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa peserta didik mengalami kesulitan menulis, kesulitan tersebut berupa tulisan yang tidak terbaca, sulit membedakan huruf atau kata, menuliskan bentuk huruf terbalik, dan salah saat memegang pensil. Penyebab dari permasalahan tersebut dikarenakan peserta didik belum mengenal huruf yang menyababkan mereka kesulitan menulis, hal lain yang menjadi penyebab kesulitan menulis karena peserta didik merasa bosan dan malas dalam menulis. Dapat disimpulkan bahwa kesulitan belajar menulis permulaan dapat menurunkan proses kegiatan pembelajaran. Penelitian selanjutnya dapat mengembangkan dan mengimplemantasikan model pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan belajar menulis permulaan

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jppp

Publisher

Subject

Education Other

Description

Jurnal Perspektif Penelitian Pendidikan is a national journal managed by the Faculty of Teacher Training and Education Universitas Muhammadiyah Palangkaraya and published twice a year in June and December by the Institute for Research and Community Services Universitas Muhammadiyah Palangkaraya. ...