Pendidikan seluruh potensi yang dimiliki manusia berkembang sehingga dapat menjadi manusia seutuhnya yaitu dengan mampu mengembangkan hati, pikiran dan perasaan. Pada tingkat sekolah dasar, Pembelajaran IPS perlu diberikan kepada semua peserta didik sejak jenjang Sekolah Dasar untuk membekali dengan kemampuan berfikir serta secara logis agar dapat membentuk pribadi siswa yang kreatif, kritis, inovatif dan mampu bekerja sama. Pembelajaran Talking Stick sangat cocok diterapkan bagi siswa SD, SMP, dan SMA/SMK. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran Talking stick pada mata Pelajaran IPS untuk meningkat hasil belajar siswa kelas V di SDN Binuang 10 Kabupaten Tapin. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan Subjek penelitian seluruh siswa kelas V berjumlah 15 orang di SDN Binuang 10 Kabupaten Tapin. Hasil penelitian ini menemukan bahwa hasil belajar siswa pada siklus I mendapat perolehan nilai 53,34% dengan kategori Cukup sedangkan pada siklus II mendapat 83,34% dengan kategori Baik. Jika dilihat pada siklus II siswa banyak mengalami peningkatan. Hal ini bermakna pada siklus ini proses peningkatan hasil belajar siswa sudah mencapai ketuntasan dengan kategori Baik. Baik secara individual maupun kelompok. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa peningkatan hasil belajar siswa kelas V di SDN Binuang 10 Kabupaten Tapin dengan menggunakan model pembelajaran Talking Stick adalah Tuntas.
Copyrights © 2024