Pelatihan adaptasi dengan masyarakat serta peningkatan etika dan tata krama merupakan aspek penting dalam membentuk karakter anak sekolah, terutama dalam menghadapi tantangan sosial di lingkungan mereka. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan mengevaluasi program pelatihan yang dirancang untuk meningkatkan kemampuan adaptasi sosial serta pemahaman tentang etika dan sopan santun di kalangan siswa. Metode yang digunakan meliputi penyuluhan, permainan peran, dan diskusi kelompok yang difasilitasi oleh tenaga pendidik terlatih. Hasil menunjukkan bahwa program ini efektif dalam meningkatkan kesadaran siswa akan pentingnya tata krama dalam interaksi sehari-hari dan keterampilan mereka untuk beradaptasi dengan berbagai situasi sosial. Selain itu, pelatihan ini juga membantu siswa dalam membangun hubungan yang positif dengan lingkungan sekitar, yang dapat mendukung perkembangan sosial dan emosional mereka. Temuan ini mengindikasikan bahwa program pelatihan semacam ini dapat menjadi bagian penting dari upaya pendidikan karakter di sekolah.
Copyrights © 2024