Jurnal Sipil Sains Terapan
Vol 2, No 02 (2019): JURNAL SIPIL SAINS TERAPAN

PERENCANAAN ULANG BALOK GIRDER BETON BERTULANG PADA JEMBATAN GAMPONG RUMIA KECAMATAN DARUL AMAN KABUPATEN ACEH TIMUR

Tihawa, Nyak (Unknown)
Iskandar, Iskandar (Unknown)
A, Bakhtiar (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Jan 2020

Abstract

Jembatan Gampong Rumia terletak di Kecamatan Darul Aman, Kabupaten Aceh Timur, Aceh, Indonesia. Jembatan ini memiliki panjang 20 meter dan lebar 5 meter dengan jumlah gelagar 2 buah, yang dapat diklasifikasikan kedalam jembatan kelas C. Skripsi ini bertujuan untuk mendesain kembali jembatan Gampong Rumia dari jenis kelas jembatan C menjadi kelas jembatan B, dengan jumlah gelagar menjadi 4 buah yang pembebanannya dihitung berdasarkan SNI-1725- 2016. Perencanaan ini menggunakan mutu beton f’c = 25 MPa, mutu baja tulangan utama (fy) = 390 MPa dan mutu baja tulangan geser (fy) = 240 Mpa, dengan perhitungan meliputi perhitungan dimensi gelagar, perhitungan beban, perencanaan tulangan, perhitungan lendutan dan pendetailan tulangan. Berdasarkan hasil perhitangan diperoleh tinggi gelagar jembatan sebesar 1,5 meter, lebar 0,75 meter, momen ultimate (Mu) sebesar4732,26 kN.m, gaya geser ultimate (Vu) sebesar 845,40 kN, dengan jumlah tulangan 16D32 untuk batang tulangan tarik, 5D32 untuk batang tulangan tekan, 8D13 untuk tulangan susut, dan tulangan sengkang Ø10-100 mm untuk daerah sengkang maksimum dan Ø10-150 mm untuk daerah sengkang minimum. Lendutan maksimum yang diperoleh dari hasil perhitungan sebesar 0,0391 meter lebih kecil dari lendutan yang diizinkan sebesar 0,0417 meter sehingga dikategorikan aman untuk digunakan.Kata kunci : gelagar, tulangan,beton

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

JSST

Publisher

Subject

Civil Engineering, Building, Construction & Architecture Engineering

Description

Jurnal Hasil-Hasil Tugas Akhir Mahasiswa Jurusan Teknik Sipil Jurnal ini menyediakan akses terbuka yang pada prinsipnya membuat riset tersedia secara gratis untuk publik dan akan mensupport pertukaran pengetahuan global ...