Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh dan mengevaluasi bangunan di sekitar rel kereta api akibat pengaruh percepatan getaran kereta api. Perlu dilakukan pengujian menggunakan sensor akselerometer untuk mendeteksi getaran yang terjadi pada struktur jalan rel akibat beban dinamis kereta api. Hasil perekaman berupa percepatan getaran dari kereta api yang melintas dan dilakukan saat kereta api batubara terdapat muatan (isi), dari data tersebut kemudian dilakukan analisis dengan metode elemen hingga. Hasil yang diperoleh berupa besarnya percepatan (acceleration) dan displacement pada bangunan di sekitar rel kereta api. Penelitian ini dilakukan di KM 11+200 antara stasiun Garuntang-Panjang. Nilai maksimum yang dihasilkan dengan pemodelan menggunakan SAP2000 untuk nilai displacement sebesar 0,07594 mm dan nilai acceleration sebesar 31,2683 mm/s2. Nilai ini menunjukkan bahwa hasil pemodelan menyimpulkan bahwa semakin jauh jarak yang yang ditinjau dari rel kereta api maka semakin besar nilai displacement dan semakin kecil nilai acceleration yang diperoleh.
Copyrights © 2023