Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti
Vol. 10 No. 3 (2023)

IMPLEMENTASI SUPERVISI KLINIS BERDASARKAN GAYA KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENGEMBANGKAN KREATIVITAS GURU

Maesun (Unknown)
Suherman (Unknown)
Rusdiyani, Isti (Unknown)



Article Info

Publish Date
07 Aug 2023

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini yaitu : (1) Bagaimana perencanaan implementasi supervisi klinis berdasarkan gaya kepemimpinan kepala sekolah gugus 5 Kecamatan Cipondoh Kota Tangerang; (2) Bagaimana gaya kepemimpinan dalam mengembangkan kreativitas guru gugus 5 Kecamatan Cipondoh Kota Tangerang; (3) Bagaimana hasil implementasi supervisi klinis berdasarkan gaya kepemimpinan dalam mengembangkan kreativitas guru gugus 5 Kecamatan Cipondoh Kota Tangerang; dan (4) Faktor-faktor pendukung dan penghambat implementasi supervisi klinis berdasarkan gaya kepemimpinan dalam mengembangkan kreativitas guru gugus 5 Kecamatan Cipondoh Kota Tangerang. Pendekatan kualitatif dengan metode yang digunakan yaitu Studi Desktiptif. Hasil dari penelitian ini Yaitu: (1) Supervisor mencatat temuan dan melakukan tindak lanjut perbaikkan, bimbingan dan saran untuk memperbaiki kekurangan guru dalam mengajar; (2) Kepala sekolah bersikap otoriter dalam kedisiplinan dan bersikap demokratis dalam forum rapat; (3) Melalui supervisi klinis kepala sekolah memberikan perlakukan khusus kepada guru dalam memberikan arahan dan bimbingan untuk mengkatan pengetahuan dan pembelajaran; dan (4) Faktor pendukung membangun komitmen, Saling mendukung. Faktor penghambat takut gagal dalam berinovasi, kurang komitmen serta kolaborasi dan koordinasi.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jil

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

The aim dan scope of this journal is in learning and instruction area which provides a platform for the publication of the most advanced scientific researches in the areas of learning, development, instruction and teaching. The journal welcomes original empirical investigation. The papers may ...