Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti
Vol. 11 No. 1 (2024)

ANALISIS KECENDRUNGAN METODE PENELITIAN TESIS MAHASISWA DI PROGRAM STUDI MAGISTER MANAJEMEN PENDIDIKAN UNIVERSITAS JAMBI

Muspawi, Muhammad (Unknown)
Rahman, Abdul (Unknown)
Hendri (Unknown)
Mudori (Unknown)
Suryati, Lina (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 Feb 2024

Abstract

Hasil observasi awal menunjukkan bahwa metode penelitian Tesis mahasiswa di Program Studi Magister Manajemen Pendidikan bervariasi, namun belum teridentifikasi sehingga belum diketahui arah kecenderungannya secara pasti. Sementara, informasi tentang kecenderungan metode penelitian serta faktor-faktor yang mempengaruhinya merupakan informasi penting dalam pengembangan kurikulum maupun dasar pengambilan keputusan program berkaitan dengan upaya peningkatan mutu akademik di Program Studi Magister Manajemen Pendidikan Universitas Jambi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui arah kecenderungan metode yang digunakanan oleh mahasiswa di Program Studi Magister Manajemen Pendidikan dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Obyek penelitian adalah Tesis mahahiswa Program Studi Magister Manajemen Pendidikan Tahun 2021 dan 2022. Data diproses menggunakan teknik non-tes melalui interview, angket, dan dokumentasi, dan selanjutnya dianalisis secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Metode penelitian tesis mahasiswa di Program Studi Magister Manajemen Pendidikan Universitas Jambi bervariasi meliputi metode kualitatif (studi kasus, studi dokumen, wawancara terpusat, fenomenologi) dan metode kuantitatif (survey); 2) Faktor-faktor yang turut menentukan pemilihan metode penelitian mahasiswa yaitu: dosen pembimbing tesis; kompetensi pemahaman mahasiswa terhadap objek penelitian; dan pengaruh kawan kuliah.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jil

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

The aim dan scope of this journal is in learning and instruction area which provides a platform for the publication of the most advanced scientific researches in the areas of learning, development, instruction and teaching. The journal welcomes original empirical investigation. The papers may ...