Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti
Vol. 12 No. 2 (2025): Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti

PENGARUH E-LKPD BERBASIS TRI HITA KARANA TERHADAP HASIL BELAJAR DAN BERPIKIR KRITIS SISWA SD

Muhsam, Julhidayat (Unknown)
Suja, I Wayan (Unknown)
Sutajaya, I Made (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 May 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan e-LKPD berbasis Tri Hita Karana untuk meningkatkan hasil belajar dan keterampilan berpikir kritis siswa kelas IV sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan penelitian semu (quasi experiment) dengan rancangan desain berupa The Non-equivalent Control Group Design dan Posttest-only Control Group Design. Analisis data tes hasil belajar kognitif produk dan kognitif proses serta keterampilan berpikir kritis dilakukan menggunakan Program SPSS 25 dalam menguji N-gain, normalitas, homogenitas dan hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh signifikan dalam penggunaan e-LKPD berbasis THK terhadap hasil belajar kognitif produk dengan nilai signifikansi 0,006 atau kurang dari 0,05; (2) terdapat pengaruh signifikan dalam penggunaan e-LKPD berbasis THK terhadap hasil belajar kognitif proses dengan nilai signifikansi 0,009 atau kurang dari 0,05; (3) tidak terdapat perbedaan signifikan dalam penggunaan e-LKPD berbasis THK terhadap keterampilan berpikir kritis dengan nilai signifikansi 0,067 atau lebih dari 0,05. Penggunaan e-LKPD berbasis THK dapat menjadi alternatif maupun inovasi pembelajaran yang dapat diterapkan dalam proses pembelajaran secara daring maupung langsung. Penggunaan e-LKPD berbasis THK dapat dijadikan salah satu pilihan bahan ajar dalam pembelajaran IPA.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jil

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

The aim dan scope of this journal is in learning and instruction area which provides a platform for the publication of the most advanced scientific researches in the areas of learning, development, instruction and teaching. The journal welcomes original empirical investigation. The papers may ...