Jurnal Pendidikan Widyaswara Indonesia (JPWI)
Vol. 1 No. 1 (2025): JPWI-MEI

PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN KAHOOT TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA DI KELAS V SDN 07 MUDIK LAWE

Resty, Dea (Unknown)
Ade Marlia (Unknown)
danil (Unknown)
mutia (Unknown)
siska (Unknown)
suci (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 May 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi pengaruh penggunaan media pembelajaran Kahoot terhadap hasil belajar matematika siswa kelas V SDN 07 Mudik Lawe. Penelitian ini berakar dari rendahnya ketertarikan dan hasil belajar siswa pada topik bilangan cacah, yang diduga disebabkan oleh minimnya variasi dalam metode pengajaran yang diterapkan oleh guru. Untuk mengatasi tantangan ini, media pembelajaran Kahoot diimplementasikan sebagai alat untuk evaluasi dan pembelajaran yang interaktif dan memanfaatkan teknologi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode pra-eksperimental serta desain One Group Pretest-Posttest Design. Partisipan dalam penelitian ini terdiri dari 18 siswa kelas V. Alat pengumpul data meliputi tes pretest dan posttest, kuesioner,. Hasil analisis data menunjukkan adanya peningkatan nilai rata-rata dari pretest ke posttest. Melalui analisis uji-t, diperoleh bahwa nilai t-hitung melebihi t-tabel, yang menunjukkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan Kahoot terhadap hasil belajar matematika siswa. Dengan demikian, dapat diambil kesimpulan bahwa media Kahoot efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam materi bilangan cacah di tingkat sekolah dasar.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jpwi

Publisher

Subject

Arts Education Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Widyaswara Indonesia (JPWI) merupakan jurnal ilmiah yang memfokuskan pada publikasi hasil-hasil penelitian dan kajian ilmiah dalam bidang pendidikan dan pembelajaran. Terbit setiap Februari, Mei, Agustus, & November (4 kali dalam setahun) yang diterbitkan oleh LPPM Widyaswara ...