SDN 11 Taratak Surian Kabupaten Solok. Solusi dari pemecahan masalah tersebut adalah menggunakan model Role Playing. Tujuan dari penelitian ini untuk meningkatkan hasil belajar bahasa Indonesia siswa kelas III SDN 11 Taratak Surian Kabupaten Solok. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini siswa kelas III SDN 11 Taratak Surian Kabupaten Solok pada semester 2 tahun ajaran 2024/2025. Penelitian ini dilakukan selama dua siklus, masing-masing siklus 2 pertemuan. Penelitian ini menghasilkan data kuantitatif dan data kualitatif. Data kuantitatif berupa hasil belajar siswa dan data kualitatif berupa hasil lembar pengamatan aktivitas guru dan siswa. Persentase hasil belajar Bahasa Indonesia pada siklus I masih rendah yaitu 46%. Kemudian pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 84%, sehingga terjadi peningkatan 38%. Adapun pada analisis pengamat guru pada siklus I dengan persentase 40% dan pada siklus II dengan persentase 91%, terjadi peningkatan 51%. Sedangkan pada analisis pengamat siswa pada siklus I dengan persentase 61%, mengalami peningkatan pada siklus II dengan persentase 86%. Sehingga terjadi peningkatan 25%.
Copyrights © 2025