Penelitian ini di latar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada pembelajaran IPAS. Salah satu solusi permasalahan tersebut menggunakan model cooperative type group investigation. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat sejauh mana proses peningkatan hasil belajar pada pembelajaran IPAS dengan menggunakan model cooperative type group investigation di kelas IV SD Negeri 09 Aia Janiah Lolo Kecamatan Pantai Cermin Kabupaten Solok. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini siswa kelas IV SD Negeri 09 Aia Janiah Lolo, pada semester II tahun ajaran 2024/2025. Penelitian ini dilakukan sebanyak dua siklus, setiap siklus diadakan dua kali pertemuan. Setiap akhir pertemuan dilaksanakan tes tertulis dalam bentuk essay untuk melihat peningkatan hasil belajar siswa. Penelitian ini berhasil dalam peningkatan hasil belajar IPAS siswa dan sejalan dengan proses pengamatan aktivitas guru siklus I dengan persentase 72% dan siklus II dengan persentase 91% terdapat peningkatan sebesar 19%. Hasil pengamatan aktivitas siswa siklus I dengan persentase 67% dan siklus II dengan persentase 90% terdapat peningkatan sebesar 23%. Hasil penelitian siklus I terdapat ketuntasan hasil belajar IPAS siswa dengan persentase71% dan pada siklus II dengan persentase 90% terdapat peningkatan sebesar 19%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran cooperative type group investigation ini dapat meningkatkan proses dan hasil belajar IPAS siswa kelas IV SD Negeri 09 Aia Janiah Lolo Kecamatan Pantai Cermin Kabupaten Solok.
Copyrights © 2025