Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar Matematika pada peserta didik kelas VA UPT SD Negeri 05 Pasar Muara Labuh Kecamatan Sungai Pagu Kabupaten Solok Selatan. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Pelaksanaan penelitian dilaksanakan pada peserta didik kelas VA UPT SD Negeri 05 Pasar Muara Labuh yang peneliti lakukan dari 22 April s/d 2 Mei 2025 dalam dua siklus, masing-masing siklus 2 pertemuan yang terdiri dari, perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Penilaian proses dan hasil belajar peserta didik pada kondisi awal mata pelajaran Matematika memperoleh persentase tuntas 46,43%, pada siklus I memperoleh persentase tuntas sebesar 48,22%, dan siklus II 83,93%. Proses dan hasil pembelajaran pada siklus I aspek guru memperoleh persentase 86,56% dan pada siklus II memperoleh persentase 95,16%. Pada aspek peserta didik memperoleh persentase 85,42% dan pada siklus II memperoleh persentase 95,32%. Berdasarkan persentase pembelajaran tersebut, sudah terjadi peningkatan proses pembelajaran dan sudah mencapai indikator keberhasilan. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa penggunaan model Project Based Learning (PJBL) dapat meningkatkan hasil belajar Matematika pada peserta didik kelas VA UPT SD Negeri 05 Pasar Muara Labuh Kecamatan Sungai Pagu Kabupaten Solok Selatan.
Copyrights © 2025