Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis keterampilan menulis narasi peserta didik melalui penggunaan media video sebagai alternatif pembelajaran. Media video diharapkan mampu meningkatkan minat, pemahaman, dan keterampilan menulis peserta didik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif jenis studi kasus dengan subjek guru kelas, kepala sekolah, dan peserta didik kelas IV-C. Teknik pengumpulan data melipiti observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan, dengan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber, teknik, dan waktu. Hasil penelitian menunjukkan, pertama, penggunaan media video dalam pembelajaran diterapkan secara terstruktur dan terarah. Kedua, keterampilan menulis sebanyak 13 oang peserta didik berhasil mencapai nilai tuntas, sementara 4 orang peserta didik berada pada kategori tidak tuntas. Ketiga, keunggulan media video meningkatkan perhatian dan motivasi belajar, memahami konsep naratif secara lebih konkret dan kontekstual, memperkaya kosa kata dan struktur kalimat, dan membantu peserta didik dengan adanya ilustrasi visual dalam video. Kekurangan media video menimbulkan ketergantungan terhadap tayangan visual, peserta didik dengan gaya belajar auditorial atau kinestetik tidak mendapatkan manfaat maksimal dari video, dan akan menyebabkan terkendala bagi peserta didik yang memiliki kemampuan menangkap informasi secara lambat. Keempat, terbatasnya fasilitas pendukung, seperti infokus, laptop, dan speaker.
Copyrights © 2025