Jurnal Pendidikan, Sains, Geologi, dan Geofisika (GeoScienceEd Journal)
Vol. 6 No. 4 (2025): November

Pengaruh Dukungan Stakeholder Terhadap Kualitas Pembelajaran di PAUD Kecamatan Mataram

Adilah, Safa Cinta (Unknown)
Astini, Baik Nilawati (Unknown)
Rachmayani, Ika (Unknown)



Article Info

Publish Date
12 Nov 2025

Abstract

Penelitian ini menganalisis pengaruh dukungan stakeholder—orang tua, pemerintah, dan masyarakat—terhadap kualitas pembelajaran PAUD di Kecamatan Mataram. Temuan awal menunjukkan rendahnya partisipasi dan komunikasi stakeholder yang berpotensi menurunkan mutu pendidikan. Penelitian menggunakan metode survei kuantitatif dengan sampel 66 dari 192 guru PAUD, ditentukan melalui rumus Slovin. Data dikumpulkan melalui angket skala Likert dan dianalisis menggunakan regresi linier sederhana. Hasilnya menunjukkan pengaruh positif dan signifikan dukungan stakeholder terhadap kualitas pembelajaran (p = 0,000 < 0,05), dengan kontribusi sebesar 28,3% (R²). Dukungan orang tua menjadi faktor paling dominan. Disimpulkan bahwa sinergi antar stakeholder sangat penting dalam meningkatkan mutu pembelajaran PAUD. Disarankan agar sekolah dan pemerintah memperkuat kemitraan demi menciptakan ekosistem pendidikan anak usia dini yang optimal.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

GeoScienceEdu

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Chemistry Education Physics

Description

Jurnal Pendidikan, Sains, Geologi dan Geofisika (GeoScienceEd Journal): |e-ISSN: 2723-2913, p-ISSN: 2723-2905| diterbitkan 2 (dua) kali dalam setahun (Peride Juni dan Desember) dan dimulai pada bulan Juni 2020 oleh Program Studi Pendidikan Fisika FKIP Universitas Mataram. Artikel dapat diterima ...