Fikrah : Jurnal Pendidikan Agama Islam
Vol 6 No 1 (2022): JUNI

MANAJEMEN PEMBELAJARAN PADA GENERASI MILLENIAL AKTIF KREATIF EFEKTIF DAN MENYENANGKAN

Purnamasari, Diyah (Unknown)
Purwanto, Purwanto (Unknown)
Suprinyanto, Suprinyanto (Unknown)



Article Info

Publish Date
19 Jun 2022

Abstract

Sumber daya manusia memiliki peran dalam menentukan kemajuan suatu organisasi atau lembaga pendidikan. Di sekolah, SDM terdiri dari semua individu yang telibat dalam proses pendidikan, dan guru memiliki peran utama dalam pendidikan yang memiliki hubungan penting dalam meningkatkan kualitas anak didiknya, maka sudah selayaknya jika guru senantiasa menyediakan pembelajaran aktif, kreatif, efektif dan menyenangkan dalam menjalankan tugas serta kewajiban. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan field research atau penelitian lapangan. Data penelitian ini diperoleh melalui observasi dan wawancara dengan analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, penarikan atau verifikasi data. Hasil penelitian diperoleh bahwa mengenai manajemen pembelajaran pada generasi millennial aktif dilakukan guru melalui metode active learning yaitu everyone is teacher here, listening team, index card match, pembelajaran kreatif melalui model problem based learning, kerja kelompok, dan bermain peran. Pembelajaran efektif dengan kriteria sifat, pengetahuan, pembelajaran, reaksi dan manajemen. Pembelajaran menyenangkan dilakukan dengan menciptakan suasana belajar yang asyik dengan adanya sesi curhat, motivasi dan sharing dengan guru.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

FIKRAH

Publisher

Subject

Education

Description

Fikrah : Jurnal Pendidikan Agama Islam is a peer-reviewed journal on Islamic education in the world. This journal is published by the Islamic Education Department, Faculty of Islamic Studies, Ibn Khaldun University, Bogor, Indonesia, in partnership with ISPI( Association of Indonesian Scholars of ...