Pedagogy : Jurnal Pendidikan Matematika
Vol. 10 No. 4 (2025): Pedagogy : Jurnal Pendidikan Matematika

IMPLEMENTASI PERMAINAN JEOPARDY QUIZ BERBASIS KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOLABORASI SISWA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA

Rahmatillah, Naila (Unknown)
Yanti, Aning Wida (Unknown)



Article Info

Publish Date
12 Nov 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan implementasi permainan Jeopardy Quiz berbasis kelompok dalam pembelajaran matematika serta menganalisis peningkatannya terhadap kemampuan kolaborasi siswa. Penelitian menggunakan metode deskriptif kualitatif yang dilaksanakan di SMAN 10 Surabaya pada semester genap tahun ajaran 2024/2025 dengan subjek 20 siswa kelas XI J. Data dikumpulkan melalui observasi partisipatif, dokumentasi, dan angket kemampuan kolaborasi yang diberikan sebelum dan sesudah pembelajaran. Analisis data dilakukan dengan model Miles dan Huberman yang meliputi kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran dengan Jeopardy Quiz berbasis kelompok terlaksana sesuai dengan sintaks Game-Based Learning, yaitu memilih permainan, menjelaskan konsep materi, menyampaikan aturan main, melaksanakan permainan Jeopardy Quiz berbasis kelompok, merangkum pengetahuan, dan melakukan refleksi. Berdasarkan hasil angket, terjadi peningkatan rata-rata kemampuan kolaborasi siswa dari 63,5% (kriteria tinggi) menjadi 81,4% (kriteria sangat tinggi) setelah penerapan pembelajaran, dengan peningkatan sebesar 17,9%.  Dengan demikian, penerapan Jeopardy Quiz berbasis kelompok dapat digunakan sebagai media interaktif untuk meningkatkan kemampuan kolaboratif siswa dalam pembelajaran matematika.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

pedagogy

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal ini bertujuan untuk menyediakan wadah bagi akademisi, peneliti, dan praktisi untuk menerbitkan artikel penelitiannya. Ruang lingkup artikel yang diterbitkan dalam jurnal ini membahas berbagai topik yang terkait dengan pembelajaran ...