Ibtida'iy : Jurnal Prodi PGMI
Vol 10, No 2 (2025): Oktober

Analisis Program Unggulan dan Pengembangan Kurikulum MIS Hidayatussalam dalam Menjawab Tantangan Era 5.0 Pada Anak Usia Dasar

Safran, Safran (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 Nov 2025

Abstract

Perkembangan Revolusi Industri 5.0 menuntut lembaga pendidikan untuk beradaptasi dengan integrasi teknologi dan nilai kemanusiaan dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi program-program unggulan di MIS Hidayatussalam, Kabupaten Deli Serdang, dalam rangka pengembangan kurikulum yang responsif terhadap tantangan Revolusi Industri 5.0 pada anak-anak SD. Dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, data dikumpulkan melalui wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa program-program seperti Outing Class, Market Day, dan Self-Development telah mencerminkan penerapan kurikulum berbasis pengalaman, berbasis proyek, dan berbasis karakter, sehingga mendukung penguatan keterampilan abad ke-21. Namun, kurikulum saat ini belum sepenuhnya mengintegrasikan teknologi digital secara sistematis. Oleh karena itu, transformasi kurikulum diperlukan melalui penguatan kapasitas guru, penyediaan fasilitas digital, dan merancang modul pembelajaran yang adaptif namun berlandaskan pada nilai-nilai Islam.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

ibtidaiy

Publisher

Subject

Religion Education Social Sciences

Description

Ruang lingkup Al ibtida: jurnal pendidikan guru MI adalah: Desain kurikulum MI/SD pembelajaran (Math, Science, IPS, Civicus, English, Indonesia, Islamic Education, Art dan Local Content) dalam MI/SD Media dan alat peraga pendidikan dalam belajar di MI/SD strategi pembelajaran dalam MI/SD kompetensi ...